Bersih-bersih Goa Jlamprong

by - 10:32


Sesuai yang di jadwal kan jam 09.00 pagi kami berkumpul,sembari menunggu teman-teman yang lain datang.menyapa beberapa teman akrab dari Pokdarwis goa jlamprong,teman-teman PPA-Gk,teman dari @saverescue.id, komunitas pecinta alam Karangrejek,PAWANA SMA NEGERI 1 Wonosari yang telah menyusun kegiatan ini dan dari teman-teman kalisuci Cavetubing maupun dari teman-teman yang bersedia ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Bersih Goa,yaa yang akan mereka kerjakan kali ini tepat nya di Goa jlamprong dusun Semuluh lor, Gunungkidul.dan ini murni bentuk dari kesadaran mereka masing-masing yang peduli dengan alam.
Tepat pukul 09.40 mereka melakukan briefing dahulu untuk membagi tugas masing-masing yang tentunya kita sudah lengkap dengan kebutuhan yang nantinya di perlukan untuk memunguti sampah di dalam goa.walaupun kegiatan ini di adakan mendadak ternyata peserta nya tidak sedikit,ada 54 peserta.sebagian besarnya dari PAWANA SMA NEGERI 1 Wonosari sendiri sebab mereka lah yang mengadakan gagasan bersih goa.
Setelah sudah siap dengan masing-masing team, pastinya kebiasaan kami sebelum masuk goa adalah ber do’a.start masuk di goa sinden yang nantinya akan finish di goa jlamprong.ada tiga team di sini,team pertama masuk dan selanjutnya selang waktu 15 menit team berikut nya baru masuk.di team kita di beri tugas sebagai team sweeper,jadi paling belakang masuk ke dalam goa.
Baru masuk beberapa meter dari mulut goa,sudah terlihat sampah plastik terselip di sela-sela bebatuan.masuk kedalam lagi gelap pun menyelimuti, pastinya penerangan atau headlamp sudah menyala masing-masing peserta.di sini di fokuskan memunguti sampah plastik saja,yang tidak terurai,selain itu sampah kayu, ranting-ranting pohon cuma di rapikan jadi satu di beberapa sisi goa.
Dua jam berlalu sampah plastik mulai terkumpul dalam karung masing-masing peserta.di dalam goa juga bisa melihat-lihat berbagai ornamen goa sembari belajar dari teman-teman penggiat goa tentunya.ada juga hewan-hewan asli penghuni goa yang tentunya tidak di jumpai di luar lingkungan goa.untuk sampah plastik ini nantinya akan di kumpulkan dan di bakar oleh pengelola atau Pokdarwis goa jlamprong.sesampainya di mulut goa jlamprong yang finish nya disini,kita berjumpa keluarga besar kelelawar (codot).
Terimakasih kasih sebelumnya sudah meluangkan waktu nya untuk membaca artikel saya.dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menyebutkan nama dan tempat atau pun sebutan.
Dan sekali lagi ini bentuk kesadaran kami masing-masing pribadi untuk melakukan kegiatan bersih goa.tidak ada dorongan atau pun paksaan dari pihak mana pun.



You May Also Like

0 komentar

Chat