Wisata Budaya Bersih Telaga Jonge

by - 09:41

Kalisuci Cave Tubing
Telaga Jonge terletak di wilayah Padukuhan Jonge Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul kurang lebih 7 Km arah timur dari kota Wonosari. Dengan dikelilingi pepohonan Telaga Jonge terlihat asri dan mempunyai luas hampir 3 hektar. Air di Telaga Jonge tidak pernah kering sepanjang tahun dan sampai kini masih dimanfaatkan warga sekitar untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, mencucui dan lain-lain.
Kalisuci cave Tubing
Konon Telaga Jonge menyimpan cerita yang panjang tapi mohon maaf saya tidak bisa menulis cerita tersebut karena takut kalau salah, untuk mengetahui cerita yang sesungguhnya silahkan datang aja langsung ke Telaga Jonge dan menanyakan langsung ke Juru Kunci Telaga. Setiap tahun ada acara adat yang diselenggarankan warga sekitar yaitu Besik Telaga Jonge. Upacara adat Besik Telaga Jonge bukan sekedar merupakan ritual budaya tetapi juga merupakan wujud kepedulian warga terhadap kelestarian lingkungan yang rutin diadakan setahun sekali yang jatuh pada hari Jum’at Legi menjelang musim penghujan.

Kalisuci Cave TubingUpacara adat Besik Telaga Jonge diawali dengan iring-iringan kirab budaya yang di mulai dari Padukuhan Kwangen lor dan berakhir di Telaga Jonge. Di sepanjang jalan yang dilalui kirab warga tampak antusias menyaksikan event budaya yang menampilkan gunungan hasil pertanian serta replica hewan yang merupakan symbol peternakan warga. Selain persembahan gunungan, warga juga menyiapkan sesaji makanan berupa nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauk. Makanan ini disajikan dalam tenong dan dikumpulkan di Balai untuk didoakan untuk memohon keselamatan dan dilanjutkan dengan Gelar Budaya dengan menampilkan kelompok seni yang ada di Desa Pacarejo.



Kalisuci Cave Tubing


You May Also Like

1 komentar

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Chat